monumen nasional jakarta

Sudah punya rencana kemana untuk liburan kali ini? Kalau memang terbatas di waktu dan budget karena dikejar deadline pekerjaan seperti misal seorang penyedia jasa seo, liburannya ke Jakarta saja. Iya serius ke Jakarta, karena Jakarta yang notabenenya ibukota negara Indonesia juga punya banyak tempat asyik dan seru untuk wisata bareng teman dan keluarga lho.

Nah buat kamu yang belum tahu, tempat wisata yang ada di Jakarta ini ikonik banget dan beda dengan yang lain. Karena tempat-tempat wisata berikut ini menjadi ciri khas dari kota Jakarta itu sendiri, dan bisa dikelilingi 1 hari saja lho, penasaran? Check it out!

  1. Monas atau Monumen Nasional

Monas atau Monumen Nasional adalah ikon ibukota Indonesia. Dalam sejarah, Monumen Nasional ini dibuat sebagai bentuk rasa syukur dari kemerdekaan Indonesia yang telah lama dijajah. Dan Monas saat ini telah menjadi objek wisata yang banyak pengunjungnya baik dari dalam negeri ataupun turis mancanegara.

 

monumen nasional jakarta

Nah, buat kamu yang belum pernah ke Monas wajib tahu kapan waktu yang pas buat datang kesini. Waktu berkunjung yang pas ke Monas adalah sore sampai malam dikarenakan cuaca Jakarta yang cukup panas kalau siang hari.

Ketika berkunjung di sore hari kalian bisa duduk santai di atas rumput sekitar Monas menikmati angin sore sambil selfie dengan Monas sebagai latarnya. Selain itu kamu bisa melihat pemandangan Jakarta dari atas, yap kamu bisa masuk ke dalam Monas dengan membeli tiket, kemudian naik lift dan sampai di atas bisa lihat pemandangan yang menakjubkan.

monas di malam hari

Di waktu malam Monas semakin indah dengan dihiasi lampu warna warni di sekeliling tugunya dan jangan lupa kalian bisa sambil selfie lagi diwaktu ini.

Untuk kalian yang di luar Jakarta dan tiba dari arah Bandara Soekarno-Hatta, kalian bisa naik bus dari bandara dan estimasi waktu kurang lebih 1 jam kemudian turun di Stasiun Gambir. Jika kalian berasal dari dalam kota atau sekitar Jakarta bisa naik KRL kemudian turun di stasiun Juanda, dan dari stasiun kamu bisa naik ojek online atau bisa jalan kaki kalau kuat ya.

Kalau kalian berencana sampai menginap, di sekitar Monas banyak kok hotel-hotel atau wisma yang bisa kalian datangi dengan harga yang beragam.

  1. Kota Tua

Ada satu tempat wisata lagi yang jangan sampai kalian lewatkan jika datang ke Jakarta, yaitu tempat wisata Kota Tua.  Dengan bentuk bangunan yang klasik dan ikonik warisan zaman penjajahan, Kota Tua semakin banyak dikunjungi. Dan untuk kalian yang selain jalan-jalan, foto-foto narsis dan ingin menambah wawasan sejarah, bisa kok kalian kunjungi Taman dan Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Sejarah Kota Tua, Museum Bank Indonesia dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

kota tua jakarta

Jika kalian ingin datang kesini cukup mudah kok aksesnya, kalian bisa naik kereta KRL sampai stasiun terakhir atau Stasiun Kota. Atau jika arah kalian dari Bandara Soekarno-Hatta, kalian bisa naik bus DAMRI tujuan Mangga Dua Square, kemudian tinggal pilih naik bajaj, angkot atau Transjakarta untuk ke Kota Tua. Misal kalian mau yang simple bisa naik taksi bandara dan turun di Kota Tua.

Untuk soal penginapan jika kalian butuh penginapan juga tidak usah khawatir. Karena di sekitar tempat wisata ini ada banyak penginapan yang bisa kalian datangi tentu disesuaikan dengan budget juga ya.

Jadi, siap dong ya kita jelajahi Jakarta dalam 1 hari?