Pulau Sombori merupakan pulau yang digunakan juga sebagai konservasi botani laut, pulau dengan luas 41.342 hektar ini memiliki gugusan pulau kecil lain yang digunakan sebagai tempat tinggal para nelayan. Walau, begitu masih banyak pulau kosong dan akhirnya dijadikan lokasi wisata. Di Pulau Sombori juga wisatawan dapat bertemu dengan penduduk Suku Bajo. Wisatawan wajib izin dan meminta seorang penduduk untuk menjadi pemandu mereka agar tidak tersesat dan tetap menjaga adat yang ada disana.

Tempat Wisata di Pulau Sombori

Seperti julukan yang disematkan pada Pulau Sombori, lokasi wisata yang satu ini memang memiliki spot wisata yang tidak kalah indah dengan Raja Ampat dan Phi Phi Island yang ada di Thailand. Ingin tahu tempat wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat berada di Pulau Sombori? Simak rekomendasi lokasi di bawah ini :

  • Sombori Lagoon

Lokasi pertama yang dapat disinggahi oleh wisatawan saat pertama kali tiba di pulau Sombori adalah Sombori Lagoon. Laguna dengan air berwarna biru jernih ini sangat indah dan juga cantik bagi siapa saja yang memandang. Anda pun bisa berenang di Sambori Lagoon selama masih dalam pengawasan pemandu yang menemani. 

  • Pulau Kayangan dan Puncak Sombori

Pulau Kayangan adalah destinasi wisata utama pulau Sombori, pulau ini terletak disudut dengan hamparan pasir pantai putih dan air laut yang jernih hingga wisatawan dapat menikmati pemandangan dasar laut dengan leluasa. Pulau Kayangan juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu wisatawan dapat bermain air tanpa harus takut dengan gelombang ombak yang tiba-tiba datang, karena di pulau ini tidak ada ombak sama sekali. Air lautnya benar-benar tenang.

Bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan ingin melihat bagaimana keindahan pulau Sombori dari ketinggian, bisa menaiki tebing setinggi 30 meter. Lokasi tersebut bernama Sombori Hills, walau tidak terlalu tinggi, medan yang harus dilalui termasuk berbahaya dan termasuk sulit. Tapi, semua memang sepadan dengan pemandangan yang sudah menanti dari atas bukit. Keindahan yang tidak akan pernah dapat ditemui ditempat lain.

  • Pulau Mbokkita : tempat tinggal suku¬† Bajo

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke Pulau Sombori, sebenarnya harus melewati pulau Mbokkita. Untuk bisa masuk ke pulau ini, wisatawan wajib meminta izin agar bisa mengunjungi ke kawasan konservasi gugusan Pulau Sombori. Di pulai Mbokkita selain dapat bertemu dengan Suku Bajo, wisatawan juga dapat melihat rumah-rumah milik warga suku yang dikenal dengan rumah apung.

  • Goa Allo

Goa Allo merupakan goa basah yang menyimpan banyak kejutan bagi wisatawan yang berkunjung kesana. Goa Allo memiliki warna air yang unik, yaitu hijau tosca dengan kejernihan yang membuat wisatawan akan betah berlama-lama berenang disana. Jika berenang lebih ke dalam lagi, wisatawan dapat menemukan sebuah kolah mini yang dibuat oleh alam, uniknya air yang berada di kolam tersebut tidak lagi air laut, melainkan air payau dan juga ceruk-ceruk yang dapat digunakan sebagai spot berfoto.

  • Goa Tengkorak dan Goa Berlian

Jangan lewatkan juga keunikan dari kedua goa ini, sesuai dengan namanya Goa Tengkorak yang terletak di ketinggian 40 meter di atas permukaan air laut ini menyimpan banyak sekali tengkorang manusia yang sampai sekarang belum dapat dipastikan dari mana asalnya dan kenapa berada disana. Namun, karena hal ini banyak wisatawan yang berkunjung dan ingin menguji keberanian.

Lalu satu lagi goa dengan keunikan terindah, kenapa unik dan indah? Karena didalam Goa Berlian wisatawan disuguhkan dengan pemandangan yang membuat mata tidak berkedip. Bagaimana tidak, stalaktit dan stalakmit yang berada didalam goa ini benar-benar seperti berlian yang menyilaukan mata apalagi saat sinar matahari masuk dan sinarnya mengenai stalaktit atau stalakmit yang ada didalam di dalam goa. Goa Berlian merupakan goa kering dengan kemiringan 70 sampai dengan 80 derajat dan untuk sampai ke goa ini cukup membutuhkan usaha yang keras.

  • Rumah Nenek

Nama lokasi yang satu ini memang cukup unik, namun bukan tanpa alasan diberi nama Rumah Nenek. Karena spot yang satu ini memang benar-benar dirumah seorang nenek yang tinggal sendiri. Biasanya wisatawan datang berkunjung dengan tujuan beristirahat dan menikmati makanan khas Pulau Sombori yang dihidangkan oleh si Nenek. Makan dan beristirahat di sana sebenarnya tidak dikenakan tarif apapun, namun kebanyakan wisatawan tetap membayar makanan yang mereka makan dengan tujuan berterima kasih atas hidangan yang diberikan.

Itulah beberapa spot yang bisa dikunjungi selama Anda berlibur di Pulau Sombori. Di mana dari daftar tersebut sangat terlihat bahwa pulau ini tidak hanya menyimpan wisata alam saja, tapi juga wisata budaya beserta dengan keramahan warga yang tinggal di sana.