manfaatkan promo online travel agent

littlegirltravels.com – Bagi sebagian orang, traveling bukan lagi jadi produk mewah yang tidak terjangkau. Apalagi dengan tujuan Raja Ampat di ujung timur Indonesia. tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat tarif maskapai domestik justru lebih mahal dari tarif mancanegara. Namun dengan kemudahan teknologi dan kekuatan tekad, siapapun bisa travelling dengan biaya minimalis. Yaitu dengan memilih paket backpacker dengan mengumpulkan informasi yang banyak tersedia di internet. Kemudian informasi ini ditindaklanjuti dengan menabung. Seperti apa menabung yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian travelling ke Raja Ampat ini?

  1. Menentukan Budget dari Destinasi

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan informasi destinasi wisata. Dengan demikian informasi dan segala hal tentang Raja Ampat menjadi hal yang wajib diketahui. Mulai dari potensi wisata, cara menuju kesana, hal-hal yang bisa dilakukan hingga ke biaya yang dibutuhkan dalam trip ini. informasi biaya ini harus dikumpulkan mulai dari model backpacker hingga ke model santai dan nyaman ala koper.

menentukan budget perjalanan wisata

Informasi ini menjadi dasar untuk memperkirakan jumlah dana yang harus dikumpulkan. Mungkin saja setelah mendapatkan informasi lengkap, trip ala koper masih cukup terjangkau bagi kantongmu. Atau, rasa kepo ingin bertualang ala backpacker di Raja Ampat lebih menarik walaupun tabunganmu masih cukup untuk melakukan perjalanan ala koper.

  1. Target Keberangkatan

Buat tanggal keberangkatan yang kamu inginkan. Bukan tanggal fix namun range waktu. Tanggal ini dipilih bisa berdasarkan jatah cutimu, momen besar di Raja Ampat di mana biasanya ada festival atau sejenisnya, tanggal di mana ada diskon tiket pesawat dan hotel besar-besaran hingga tanggal di mana tabunganmu diperkirakan mencapai angka cukup untuk perjalanan ini. Apapun alasanmu memilih tanggal, pastikan semuanya dengan cermat. Agar perjalanan indah dan memboroskan biaya ini benar-benar memberikan kenangan yang menyenangkan dan memenuhi ekspektasimu akan Raja Ampat yang menjadi salah satu raja destinasi wisata di Indonesia.

  1. Buka Rekening Khusus Travelling

Tidak ada salahnya kamu membuat satu rekening khusus untuk biaya travelling. Untuk kali ini kamu tujukan untuk biaya travelling ke Raja Ampat. Setelah misi Raja Ampat selesai, bisa kamu lanjutkan rekening ini untuk membiayai travellingmu ke destinasi berikutnya. Atau jika belum ada destinasi yang menarik untukmu, rekening ini tetap bisa digunakan untuk dana simpanan sampai kamu menentukan destinasi wisatamu. Jadi, tetap diisi ya!

Baca Juga : Mengenal Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Wisata

  1. Gunakan Kartu Kredit Untuk Mendapatkan Poin

Dalam hal ini, kartu kredit digunakan bukan untuk membiayai pengeluaran konsumsi tapi sebagai sarana mendapatkan poin dan penawaran. Maskapai dan hotel banyak memberikan promo diskon melalui pembayaran dengan kartu kredit. Namun, kamu harus disiplin dalam penggunaan kartu kredit ini sehingga tujuan memiliki kartu ini tidak berubah yaitu hanya untuk kebutuhan travelling.

  1. Bergabung di Promo OTA

Ada banyak promo dan diskon bertebaran guna menarik konsumen yang dilakukan oleh online travel agent (OTA). Kamu bisa mengikuti semua aplikasi OTA yang ada sambil memantau penawaran yang diberikan. Pilih dengan cermat dan sesuaikan dengan kebutuhan travelingmu dari sekian banyak penawaran ini.

manfaatkan promo online travel agent

Tanya lebih detail ke bagian customer service agar tidak kamu tidak misinformasi dari penawaran-penawaran yang ada. Untuk member baru, biasanya OTA memberikan banyak diskon yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya diskon pesawat terbang dari OTA A dan promo hotel dari OTA B.

  1. Celengan Uang Receh

Kamu sudah berhemat sana sini, namun tidak ada salahnya jika kamu juga melakukan ini. Menyimpan setiap receh yang kamu punya di satu tempat dan membukanya di satu waktu, misalnya 1 bulan. Kemudian receh-receh ini kamu tukarkan ke warung dan uangnya kamu masukkan ke rekening khusus travellingmu. Hal sepele seperti sepelenya uang receh yang kadang kala ketika jatuh kita tidak merasa bersalah. Bahkan uang receh ini mungkin kamu biarkan saja tergeletak tidak digunakan karena alasan warung tidak mau menerima koin 200. Padahal koin 100 atau 200 yang kamu dapat dari mart-mart itu bisa kamu kembalikan lagi ke mereka supaya koin tersebut tetap punya nilai. Jadi, mulai sekarang uang recehmu jangan disia-siakan ya, karena bisa jadi penggenap dana travelingmu.

  1. Mengetatkan Pengeluaran

Jika kamu tidak punya penghasilan lain, maka untuk menyisihkan dana untuk traveling hanya melalui jalan ini. List pengeluaran yang bisa kamu kurangi dan cari alternatif untuk menghilangkan biaya yang bisa dihapus. Misalnya budget makan siang, diganti dengan membawa makan siang dari rumah, sehingga budget tersebut bisa langsung masuk ke rekening traveling. Kemudian budget ngopi yang biasanya ngopi 2 gelas plus roti, kamu bisa hemat dengan ngopi cukup 1 gelas tanpa roti dan membawa botol minum sendiri untuk menghilangkan haus. Lumayan kan penghematannya?

Dari semua tips di atas, tingkat keberhasilannya adalah 100 persen dan nol persen. Satu kata yang membuatnya berhasil atau gagal yaitu konsistensi. Kalau kamu konsisten dengan tips-tips yang menurutmu sesuai dan melakukannya dalam jangka waktu tertentu atau sampai dana yang kamu butuhkan terpenuhi, maka impian wisata Raja Ampat 100 persen bisa terlaksana. Dan refreshing bukan kaleng-kalengmu terkabul. Worthed bukan?